AVG 8 Mendeteksi User32.dll Terinfeksi Virus

On Sabtu, Februari 28, 2009








Untuk pengguna pengguna Windows, karena banyaknya virus yang mengintai untuk menginfeksi sistem operasi ini, antivirus dijadikan program wajib untuk diinstall. Keberadaan antivirus ini diharapkan dapat melindungi infeksi terhadap sistem komputer dan file-file yang ada di dalamnya. Bagimana jika program antivirus salah mengidentifikasi sebuah file terinfeksi virus namun sebenarnya tidak? Bisa jadi masalah yang ditimbulkan sama merepotkannya dengan keadaan terserang virus.

Itulah yang terjadi dengan AVG 8. Setelah mengupdate AVG 8 per tanggal 9 November kemarin, banyak pengguna program antivirus yang populer ini mendapati AVG 8 mendeteksi file user32.dll terinfeksi virus, dan ketika mengikuti petunjuk program AVG untuk mengkarantinanya ke Virus Valut, Windows akan mengalami layar biru kematian atau Blue Screen of Death (BSoD).

File user32.dll sendiri merupakan file sistem Windows, sehingga ketika keberadaannya tidak lagi ada, maka Windows tidak tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan mengalami BSoD, dan berikutnya Windows tidak dapat booting. Dan ini kabarnya dapat terjadi pada pengguna Windows XP SP2 maupun SP3.

Pendeteksian oleh AVG terhadap file user32.dll tersebut menyatakan bahwa file terinfeksi virus Trojan Horse PSW.BANKER4.APSA. Menurut informasinya, ini hanyalah false alarm atau salah pendeteksian. Bagi yang menggunakan AVG dengan update tersebut dan menemukan adanya pendeteksian user32.dll yang terinfeksi virus, sebaiknya diabaikan.

Dan bagi yang yang sudah terlanjur mengirimkan file user32.dll ke Virus Vault, langkah yang dapat diambil adalah melalui recovery console atau safe mode jika memungkinkan, dan menyalin kembali file user32.dll dari folder c:\windows\system32\dllcache\user32.dll ke lokasi c:\windows\system32\user32.dll. Jika pada kedua lokasi yang seharusnya ada tersebut sudah terlanjur hilang, maka copy file user32.dll dari komputer Windows lain yang seversi ke kedua lokasi tersebut. Jika memang dapat melakukan booting safe mode, dapat dicoba pula untuk mengeluarkan file user32.dll tersebut dari Virus Vault.

  • Buka AVG user interface.
  • Pilih Virus Vault dari menu History.
  • Cari dan plih file user32.dll.
  • Klik tombol Restore.

Atas masalah ini sendiri AVG telah merespon dengan mengeluarkan update yang lebih baru (270.9.0/1778) yang menghapus deteksi false positive atas file user32.dll.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "AVG 8 Mendeteksi User32.dll Terinfeksi Virus"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine