Sahitel SP703, Komputer LCD Terbaru

On Senin, Maret 09, 2009

Seiring kemajuan zaman yang serba instan, telah lazim dijumpai adanya aneka komputer mungil dan mobile. Ini tercermin dari adanya notebook yang kini demikian populer yang juga diikuti oleh sistem barebone (PC mini). Barebone tidak lain adalah unit CPU yang mengalami penyusutan casing. Namun sebuah barebone tetap mengharuskan adanya monitor untuk menampilkan output atau aneka informasi lain. Nah, kini solusi paling gres telah muncul dalam bentuk sebuah monitor yang digabung dengan sebuah komputer seperti model Slim PC dari Sahitel ini.

Sepintas, Sahitel SP703 terlihat tidak lebih dari sekadar monitor LCD biasa. Namun, di balik panel LCD tersebut ternyata tersembunyi seperangkat PC lengkap yang terbungkus casing setebal 4,5cm.

Di dalam casing, tentu saja terdapat komponen PC dengan spesifikasi prosesor Dual Core T2370 1,73GHz, memori DDR2 2GB (dual-channel), serta harddisk IDE 120GB. Tidak lupa disertakan sebuah DVD-RW yang terletak di bagian samping.

Cukup pasangkan mouse dan keyboard, maka jadilah produk ini sebuah LCD PC yang amat praktis. Selain ringan (4,5kg), juga hemat ruang dan irit listrik (hanya membutuhkan sekitar 40 watt).

Sebagai displainya, SP703 menggunakan monitor LCD 17” plus speaker stereo terintegrasi di bagian depan. Kerennya, suara keluaran speaker ini lebih kuat dibandingkan suara dari notebook umumnya. Dalam hal konektivitas, SP703 juga melengkapi dirinya dengan koneksi LAN, 4 buah port USB, card reader 4-in-1 (SD/MMC, MemoryStick/Pro), port D-sub untuk monitor eksternal, dan port audio 3,5” layaknya pada PC. Dipikir-pikir, LCD PC ini jadi mirip dengan notebook juga.

Ditilik dari fitur, jelas Sahitel SP703 memiliki keunggulan dalam hal mobilitas (mudah dibawa pergi) serta hemat ruang dan daya. Anda pun dapat melakukan upgrade beberapa komponen seperti halnya PC, utamanya untuk CPU, memori, dan harddisk (dengan mengesampingkan faktor garansi tentunya).

Namun, PC mungil ini juga memiliki kelemahan, seperti sudut pandang LCD yang rendah (sehingga sulit dilihat bila mata pemakai tidak tegak lurus dengan layar). Fasilitas pengaturan displai juga amat minim karena hanya menyediakan perubahan level brigthness tanpa ada pilihan konfigurasi manual lebih lanjut.

***

InfoKomputer melakukan rangkaian uji pada unit ini meskipun Sahitel SP703 hanya dilengkapi dengan sistem DOS. Dengan sistem Windows Vista, Sahitel SP703 yang memakai Intel Dual Core 1,73GHz ini masih cukup nyaman digunakan meski kami sarankan Anda untuk memakai Windows XP. Skor rata-rata yang ditampilkannya membuat produk ini masih layak digunakan untuk aktivitas kerja dan Internet.

Karena chip grafis yang dipakainya kurang bertenaga, produk ini jelas tidak ditujukan untuk aktivitas gaming. Proses encoding audio sebenarnya juga kurang gegas meski hal ini tidak terlalu penting untuk sebuah PC mini.

Kalau Anda memang lebih mengutamakan aktivitas perkantoran dan Internet sekaligus mementingkan kepraktisan tempat, Sahitel SP703 merupakan salah satu PC yang kami rekomendasikan.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Fisik ramping; hemat daya; bobot ringan; koneksi cukup lengkap; LCD dan speaker terintegrasi; bisa di-upgrade.

MINUS: Displai kurang tajam; kinerja grafis lamban.
SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)

Kinerja : 3,75

Fasilitas : 4,25
Penggunaan : 4,5
Harga : 3
SKOR TOTAL : 3,9
Hasil Pengujian

Kami membandingkan Sahitel SP703 dengan Nova Lite PX24 dengan Celeron 1,2GHz dari Asus yang komponennya hampir serupa. Selain kemampuan grafis, kinerja Sahitel SP703 cukup layak disebut baik. Nova Lite unggul dalam hal grafis karena menggunakan chip ATi RV620LE (HD3450) yang memang berada di atas kelas chip Intel 945G.

Pengujian

Sahitel SP703

Asus Nova Lite PX24

Sysmark 2007
42
40
PCMark Vantage
1373
1173
3DMark 2006
212
1449
Cinebench
1502
1060
Encoding Video

47 menit 35 detik

50 menit 26 detik
Encoding Audio

8 menit 46 detik

6 menit 4 detik
Spesifikasi SAHITEL SP703
Prosesor

Intel Dual Core T2370

(1,73GHz, L2 1MB, FSB 533MHz)
RAM

Referensi

2GB, DDR2

Kompas.com

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Sahitel SP703, Komputer LCD Terbaru"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine