S.T.A.L.K.E.R Shadow of Chernobyl

On Sabtu, April 18, 2009

S.T.A.L.K.E.R. adalah game First-Person Shooter yang mengisahkan tentang situasi setelah ledakan reaktor nuklir di Chernobyl.

Dalam faktanya, reaktor Chernobyl memang pernah meledak betulan di tahun 1986, namun dalam S.T.A.L.K.E.R dikisahkan bahwa reaktor tersebut meledak lagi untuk yang kedua kalinya pada tahun 1989 dan menjadikan area dalam radius 30km disekitarnya tak hanya dipenuhi radiasi saja, namun juga energi-energi yang aneh, pasukan musuh, bandit, mutant, dan artifact yang berharga. Artifact tersebut tak lain adalah benda radioaktif yang memiliki manfaat khusus sehingga diminati oleh para trader dan ilmuwan.

Dalam game ini anda memainkan character yang dinamakan orang-orang sebagai "Marked One", yaitu seorang tentara yang menderita amnesia setelah diselamatkan dari sebuah kecelakaan mobil dan kemudian dibawa ke seorang trader (pedagang).
Trader yang bernama Sidorovich ini akan memberikan misi yang nantinya dapat membantu untuk mengungkap siapa sebenarnya diri anda, kenapa ada tulisan "Kill Strelok" di tangan anda, dan apa yang sebenarnya terjadi di area Chernobyl.
Dari sanalah awal permainan dimulai dan setelah mengambil misi anda langsung memasuki bagian paling mencengangkan pada game ini, yaitu atmosfir environment yang tak ubahnya seperti dunia virtual yang benar-benar hidup dan areanya sangat luas seolah tak ada batasnya.
Developer game ini cukup sukses menciptakan dunia virtual dengan ekologi yang hidup dan menempatkan anda di dalamnya sebagai sebuah bagian kecil dari ekosistem raksasa.
Salah satu hal yang membuat dunia virtual tersebut terasa hidup adalah adanya berbagai kelompok manusia dan binatang yang masing-masing menjalankan kegiatan sehari-hari mereka. Mereka memiliki kepentingan sendiri dan melakukanya sendiri pula, agak mirip dengan AI pada game Oblivion.

Ada berbagai macam tipe manusia yang akan anda temui, mulai dari pengelana, pasukan militer, hingga kelompok/fraksi yang dapat dijadikan kawan maupun lawan. Selain itu juga ada mutant, mulai dari yang bentuknya binatang hingga makhluk setengah manusia, seperti orang yang dapat menyerang dengan pikirannya serta berbagai makhluk menyeramkan lainnya.

Banyaknya penghuni yang hidup di dunia S.T.A.L.K.E.R, membuat game ini tidak seperti game FPS lainnya yang umumnya hanya berkaitan dengan aksi solo menembaki apapun yang ditemui.
Pada game ini anda adalah bagian dari sebuah dunia yang benar-benar hidup, dimana anda dapat dengan mudah mencari teman dan juga musuh tentunya.
Ada sangat banyak kelompok-kelompok/fraksi yang hidup di dunia virtual S.T.A.L.K.E.R, namun berhati-hatilah dengan siapa anda bergabung, karena bergabung dengan satu kelompok bisa berarti menjadi musuh kelompok yang lain. Jadi jangan asal membunuh seseorang, karena temannya pasti akan menuntut balas kepada anda atau kelompok anda.
Orang-orang tersebut kadang bahkan tidak segan-segan mendatangi dan menyerbu markas kelompok anda.
Jadi sama seperti di dunia betulan, kita tidak dapat begitu saja berjalan tenang setelah membunuh seseorang.
Namun ini bukan berarti tidak ada tembak-tembakan seru dalam game ini, karena hampir semua misi mengharuskan anda bertempur entah itu sendiri ataupun bersama kelompok anda.

redball.gif (916 bytes)TAMPILAN GRAFIS (score: 10/10)

S.T.A.L.K.E.R boleh dibilang sebagai game dengan tampilan terbaik di tahun 2007. Bagi yang menganggap Oblivion memiliki tampilan sangat bagus, maka bersiaplah untuk menyaksikan detail grafis dan tingkat realitas yang setingkat diatas Oblivion.

Tidak seperti kebanyakan game-game baru yang menggunakan engine game Half Life2 dan Unreal 3, S.T.A.L.K.E.R menggunakan engine yang dinamakan X-Ray, garapan developer mereka sendiri. Ini tentu mereka lakukan karena memang belum ada game lain dengan tampilan sehebat S.T.A.L.K.E.R.

Dalam game ini anda akan menyaksikan sebuah dunia virtual yang hidup dan area outdoor yang sangat luas dengan semua objek yang terlihat sangat detail dan realistik. Efek-efek dynamic lighting, HDR, particle effect, dan weather effect membuat anda rela berkelana hanya untuk menyaksikan keindahan suasana di game ini.
Suasana berubah antara siang dan malam, cuaca juga berubah, ada hujan, kilatan petir, dan angin layaknya sebuah dunia yang benar-benar hidup.
Rumput-rumput bergoyang dan semuanya tergambar secara detail dan realistik.
Bila anda pernah mengagumi padang rumput di Oblivion, anda akan lebih takjub lagi ketika berada di tengah padang rumput S.T.A.L.K.E.R.

Dalam keadaan gelap, entah itu di malam hari ataupun di dalam tunnel, anda dapat menggunakan flashlight. Efek sinar flashlight dan bayangan yang ditimbulkannya terlihat sangat realistis, selain itu cahaya flashlight dapat memancing musuh anda.
Environment yang ditampikan game ini pada dasarnya memperlihatkan suasana realistik yang serba kacau pasca ledakan nuklir. Semuanya porak-poranda, terlihat bangunan-bangunan dan kendaraan yang rusak di sana-sini. Di beberapa area yang dipenuhi radioaktif, terlihat efek-efek grafis yang mungkin belum pernah anda lihat di game manapun sebelumnya.

Bentuk karakter juga terlihat sangat bagus dan cukup reallistis. Detail karakter yang sangat bagus akan membebani videocard anda terutama ketika berada di satu area dengan banyak karakter berkeliaran. Dalam kondisi seperti ini hanya videocard yang sangat high-end saja yang mampu mengatasinya (lihat bagian System Requirement).

redball.gif (916 bytes)SUARA (score: 10/10)

Suara tergolong baik, dengan desingan peluru yang terdengar cukup realistik. Seluruh karaker berbicara dalam bahasa rusia sehingga terkesan seperti situasi aslinya. Prajurit yang luka tertembak juga akan mengerang sambil mengumpat (dengan bahasia rusia tentunya)

redball.gif (916 bytes)GAMEPLAY (score: 10/10)

S.T.A.L.K.E.R merupakan game action FPS-RPG dengan tipe open-ended/non linear, ini berarti anda bebas berbuat apapun dalam game ini. Jadi tidak seperti game Rainbow Six Vegas, Ghost Recon, ataupun Call of Duty yang merupakan linear game dimana anda sudah terpaku pada misi dan alur cerita yg telah ditetapkan.

Sekalipun bernuansa RPG, namun pada game ini tidak ada pengaturan untuk atribut strength/intelligence ataupun pengembangan skill/ability character yang biasanya menjadi elemen rumit pada game RPG. Walau demikian anda dapat melengkapi character dengan berbagai kombinasi objek untuk meningkatkan ketahanan terhadap damage, sehingga dapat meningkatkan atribut character.

Character anda memiliki indikator health, stamina, dan lapar. Jadi bila terluka gunakan medkit, bila stamina turun harus beristirahat/kurangi barang di inventory, bila lapar harus makan, dan bila terkena efek radiasi sembuhkan dengan obat penawar radiasi (bisa juga dengan meminum Vodka mesti itu akan membuat anda mabuk).

Seperti halnya Oblivion yang juga tergolong open-ended, misi utama pada S.T.A.L.K.E.R tentu ada, yaitu misi yang diberikan oleh trader Sidorovich di awal permainan, yaitu membunuh Srelok. Namun anda nantinya bebas memilih misi apapun yang mungkin ditawarkan oleh orang lain. Pada dasarnya S.T.A.L.K.E.R memiliki muliple-ending, jadi beragam pilihan misi yang anda ambil bisa menuju pada akhir yang berbeda.
Misi-misi sampingan umumnya berujung pada imbalan uang/barang dari sang pemberi misi, dan bisa saja tidak ada kaitannya dengan misi utama .
Namun anda juga bisa saja memperoleh uang dengan cara berpetualang menjelajahi area untuk mencari artifact dan menjualnya ke trader atau ilmuwan. Artifact yang bertebaran di luaran sana juga dapat dipakai sendiri untuk meningkatkan atribut character.

Perlengkapan dan senjata yang ditemukan atau diambil dari mayat musuh juga dapat dipakai sendiri ataupun dijual.
Uang tersebut nantinya bisa dipakai untuk membeli senjata yang lebih bagus, jaket anti radiasi/peluru, dan berbagai perlengkapan lainnya.
Anda bisa membawa cukup banyak senjata dan perlengkapan lain dalam inventory, namun semakin banyak yang dibawa semakin lambat pula mobilitas anda. Bila barang di inventory kebanyakan maka anda bahkan tidak dapat berjalan sama sekali.

Sekalipun anda akan menemukan berbagai macam kendaraan mulai dari mobil, tractor, hingga helicopter, namun tidak ada satupun yang dapat dikendarai. Ini tentu sungguh disayangkan mengingat area yang dijelajahi sangat luas, sehingga sungguh melelahkan dan memakan waktu bila menempuhnya dengan berjalan kaki.
Mungkin tidak adanya kendaraan pada game ini sengaja dilakukant agar anda selalu menyaksikan keindahan alam dengan perlahan. Sebab andaikan ada mobil, tentu anda akan ngebut dari satu tempat ke tempat lainnya dan mengabaikan segala keindahan suasana yang mungkin anda lewati. Selain itu, andaikan ada mobil untuk kebut-kebutan, maka gerombolan binatang-binatang buas yang berkeliaran di jalan menjadi kurang menakutkan lagi. Oleh karena itu ditiadakannya kendaraan pada game bisa dimaklumi.
NOTE: Sebenarnya semua kendaraan yanga ada pada game ini dirancang untuk bisa dikendarai, namun developer STALKER sengaja "mengunci" semuanya agar tidak bisa dikendari karena alasan yang saya sebut diatas. Namun bila anda benar-benar ingin mengendarai kendaraan-kendaraan yang ada, maka anda harus menginstall dulu file vehicle mod yang nanti akan dijelaskan lebih lanjut.

Senjata yang ada pada game ini sangat beragam mulai dari senapan era 70-an hingga modern.
Senjata dapat diperoleh dengan menemukannya tergeletak begitu saja, membeli dari trader, diberi oleh seseorang, atau anda ambil dari musuh yang tertembak.
Senjata yang dapat digunakan pada game ini adalah sebagai berikut:
Knife (pisau), Black Kite, Big Ben, Noiseless Kora, Fort-15, PMm, Walker P9m, Noiseless Pistol (PB1s), Martha, Kora 919, HPS1-1M, SIP-t M200, Fort12-mk2, UDP Compact, Combat Chaser (shotgun), Sawn-of dbl-Barrel, Chaser 13, TOS34, SPSA14, Lightened IL 86, Sniper TRs 301, Balance IL 86, Fast-shooting Akm 74/2, Sniper Obokan, Noiseless Viper, Thunder 5.45, Viper 5, AKM74/2, AKM74/2u, Obokan, IL 86, Thunder S14, GP37, TRs 301, FT200M, S61 5K, VLA SPeccial Assault Rifle, Vintar BC, Sniper Rifle(SVDm 2), SVUmk2, Bulldog 6, Rocket Launcher, Gauss Rifle.
Layaknya senjata pada game RPG umumnya, semua senjata di game S.T.A.L.K.E.R juga memiliki indikator pemakaian. Indikator bar warna hijau di tiap senjata menandakan kehandalan, damage, jarak jangkauan, kecepatan tembak, dsb. Semakin buruk indikator suatu senjata, maka akan semakin sering senjata tersebut macet dan luput sasaran.

Pada intinya, tugas-tugas umum yang anda lakukan sebagai seorang S.T.A.L.K.E.R antara lain mencari artifact untuk dijual, membasmi mutant, bertempur dengan pasukan musuh, menghindari bahaya, mengumpulkan informasi seputar area Zone dan penduduknya.

Pertempuran di kondisi outdoor maupun indoor sangat mengasyikkan karena musuh memiliki tingkat AI yang sangat baik.
Manusia merupakan musuh yang paling pintar karena mereka dapat menyerang dari arah tak terduga, berlindung, mengendap-endap, dan melacak jejak anda. Mereka juga dapat memanfaatkan situasi area dalam melakukan penyerangan. Sementara binatang/mutant umumnya menyerang bergerombol secara membabi-buta namun dapat pula lari terbitit-birit bila mereka merasa anda bukan tandingannya.

redball.gif (916 bytes)CONTROL & INTERFACE (score: 10/10)

Control pada game ini cukup mudah seperti layaknya game FPS pada umumnya.

Ada 3 macam interface menu dalam game, yaitu menu character inventory ala game RPG, menu PDA yang menampillkan misi-misi yang belum/telah diselesaikan, dan menu map yang menunjukkan peta area. Lokasi tujuan yang disebut pada setiap misi akan tergambar jelas di peta, sehingga sangat membantu dalam menyelesaikan misi.

redball.gif (916 bytes)REPLAY VALUE (score: 10/10)

Sebagai game open-ended, anda tidak akan pernah bosan memainkan game ini berulang-ulang. Setiap kali bermain, musuh musuh muncul di lokasi yang tidak sama (random). Bahkan sekalipun anda loading dari save game, posisi musuh bisa saja tidak sama dengan sewaktu anda melakukan save game.

Dengan adanya multiple-ending, maka sudah dipastikan anda akan memainkan game ini berulang-ulang sekalipun anda telah menamatkan game ini.

redball.gif (916 bytes)INOVASI (score:10/10)

Tidak seperti kebanyakan game First Person Shooter pada umumnya, S.T.A.L.K.E.R menggabungkan unsur RPG dengan alur cerita open-ended & multiple-ending didalamnya tanpa harus disertai kerumitan dan kompleksitas khas RPG. Selain itu S.T.A.L.K.E.R menggunakan dunia virtual yang benar-benar hidup dan didalamnya dihuni oleh manusia, binatang, dan mutant yang masing-masing memiliki kehidupan sendiri-sendiri di dunia yang penuh radiasi.
Belum pernah ada game seperti ini yang pernah diciptakan oleh umat manusia.

redball.gif (916 bytes)MULTIPLAYER MODE

Seperti layaknya game FPS, S.T.A.L.K.E.R juga menyuguhkan mode multiplayer.

Ada 3 mode yang bisa dipilih, yaitu Deathmatch, Team Deathmatch, dan Capture The Flag yang dinamakan sebagai "Artifact Hunt".
Dengan membunuh lawan, anda akan mendapat uang yang pada setiap kali respawn dapat digunakan untuk membeli senjata, amunisi, dan armor yang lebih bagus (ala Counterstrike).

Sayangnya tidak ada mode co-operative multiplayer. Andaikan ada tentu akan sangat mengasyikkan berkelana bersama kawan anda untuk melawan musuh-musuh.
Level-level pada mode multiplayer menggunakan basis map pada mode single player. Ini menunjukkan bahwa developer S.T.A.L.K.E.R lebih memprioritaskan mode single-player.
Dan lagi tidak adanya kendaraan yang bisa dinaiki tentu tidak akan membuat mode multiplayer S.T.A.L.K.E.R lebih mengasyikkan dibanding Battlefield 2. Meski demikian dari sisi tampilan grafis, S.T.A.L.K.E.R tentu jauh lebih indah.

redball.gif (916 bytes)SYSTEM REQUIREMENT

Sebagai game yang menyandang predikat game dengan tampilan grafis terbaik, maka sudah wajar bila S.T.A.L.K.E.R juga merupakan game paling berat di tahun 2007. Dengan semua setting grafis diatur ke tingkat maximal, maka Geforce 8800GTS sekalipun masih terbata-bata di area tertentu. Untuk mendapatkan framerate yang lancar, game ini mininum membutuhkan Geforce 8800GTS yang dioverclock ke 575/2000 (Geforce 8800GTS OC edition banyak dijual di pasaran dengan harga sekitar $370).

Namun bila ternyata anda masih menggunakan videocard kasta rendah yang harganya dibawah 3 juta, maka anda bisa menyesuaikan setting grafis agar S.T.A.L.K.E.R "kompatibel" dengan videocard kelas kacangan. Namun perlu diingat bahwa tampilan game ini baru dapat dinikmati agak lumayan dengan videocard kelas harga 2 jutaan (geforce 7900GS/8600GTS).

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah S.T.A.L.K.E.R merupakan game yang menyandang logo NVIDIA, jadi tentu saja pembuatan game ini disponsori oleh NVIDIA. Oleh karena itu bila ingin mendapatkan tampilan grafis yang optimal dan bebas masalah pastikan anda menggunakan videocard buatan Nvidia, bukan ATI.
S.T.A.L.K.E.R juga disponsori oleh ASUS yang notabene merupakan produsen videocard dan motherboard no.1 di dunia.

redball.gif (916 bytes)UPDATE : PATCH

Patch 1.01
Pastikan anda mempatch dulu S.T.A.L.K.E.R ke versi 1.01 sebelum memainkannya, karena ada sekitar 66 bug yang akan dikoreksi oleh patch ini. Save game yang dibuat di versi lama tak akan bisa digunakan setelah game ini dipatch, jadi jangan memainkan game ini sebelum mendownload patch-nya.

PATCH STALKER 1.01 (8.6 MB) DOWNLOAD

redball.gif (916 bytes)UPDATE : MOD

Vehicle/Transport Mod v.1.0
Sebenarnya kendaraan yang ada game ini dapat dikendarai, namun developer S.T.A.L.K.E.R memang sengaja "mengunci" agar kendaraan-kendaraan tersebut tidak bisa dikendarai karena alasan yang telah dijelaskan sebelumnya.
Namun bila anda ingin agar dapat mengenderai kendaraan-kendaraan yang ada, silahkan install Vehicle Mod ini. (Pastikan sebelumnya telah menginstall patch STALKER versi 1.01)

TRANSPORT MOD 1.0 (1.2 MB) DOWNLOAD

redball.gif (916 bytes)KESIMPULAN (TOTAL SCORE 10/10)
* diperoleh dari nilai rata-rata Graphic, Sound, Gameplay, Control-Interface , Replay Value, Inovasi.

S.T.A.L.K.E.R merupakan game FPS terbaik di tahun 2007 yang merupakan mahakarya developer game asal Ukraina, yaitu GSC Game World.
Sergiy Grygorovych, sang programmer tak percuma bertapa bertahun-tahun untuk melahirkan S.T.A.L.K.E.R.
Prestasi yang dicapai S.T.A.L.K.E.R lagi-lagi membuktikan keagungan bangsa Rusia di dunia software. Tampilan grafis dan inovasi yang diusung game ini membuat para programmer game amerika hanya bisa menelan ludah dan menyadari bahwa mereka sebenarnya telah dikalahkan oleh bangsa Rusia.
Lihat saja, mayoritas media review di luaran sana umumnya memberi rating tinggi terhadap game "palu-arit" ini.

Memang ada pula orang-orang tertentu yang memberikan nilai rendah untuk game ini dengan alasan terlalu berat. Ini tentu alasan konyol sebab nilai rendah tersebut sebenarnya lebih cocok ditujukan untuk videocard jadul yang mereka pakai. Orang yang mengatakan game ini berat sama dengan mengumbar kebobrokan PC mereka sendiri. Bila videocard masih purba lebih baik jangan berkomentar apapun tentang S.T.A.L.K.E.R, karena pengguna videocard low-end memang tak akan pernah bisa melihat keindahan yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna videocard high-end. Itu akan sama konyolnya seperti tukang becak yang berkomentar mengenai kualitas hotel bintang-5.

Harap diingat, game spektakuler garapan negara komunis ini memang khusus diciptakan untuk memuaskan pengguna videocard high-end, jadi bila videocard masih jadul, lebik baik anda nonton saja film dokumenter G30S PKI sambil bernostalgia di pinggir Lubang Buaya.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "S.T.A.L.K.E.R Shadow of Chernobyl"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine