Dreamhost, sebuah penyedia layanan webhosting yang sudah cukup populer baru-baru ini merilis layanan baru yaitu DreamHost Apps. Melalui layanan ini pengguna diberikan kemudahan untuk melakukan instalasi aplikasi-aplikasi yang tersedia seperti WordPress, Drupal, ZenPhoto, MediaWiki, dan juga fasilitas untuk mengaplikasikan Google Apps. Sedianya layanan ini akan dibandrol dengan harga $50 per tahun, namun pada masa beta saat ini pengguna yang berhasil melakukan registrasi tidak akan dikenakan biaya dan ini akan berlaku seterusnya. Namun pada masa beta ini pula, tidak setiap orang dapat melakukan pendaftaran, hanya yang mempunyai DreamHost Apps invitation code saja yang bisa.

Untuk mendapatkan invitation code, pengguna dapat memantau salah satu entry pada blog Dreamhost pada bagian komentar, karena dinformasikan secara berkala DreamHost akan mengeluarkan invite code yang dapat digunakan. Kemarin saya sempat mencoba, tetapi dari seratus kode pertama yang diberikan, banyak yang saya coba sudah tidak bisa, ini didukung komentar pada postingan tersebut. Namun, siang ini saya melihat kode sudah berubah lagi dan satu kode yang saya coba pertama kali, membawa saya ke proses registrasi.










Dibandingkan layanan hosting Dreamhost yang reguler, layanan hosting DreamHost Apps tidak menyediakan fasilitas FTP dan Shell Access, dan untuk upload file-file yang memang diperlukan suatu aplikasi kabarnya disediakan akses melalui web interface khusus. Bagi yang sudah mempunyai domain sendiri akan dapat menggunakannya untuk DreamHost Apps ini, dan jika tidak dapat menggunakan subdomain yang disediakan yaitu xxx.dreamhosters.com atau menyusul menambahkan nama domain kemudian.

Menarik, tapi proses mencoba-coba kode yang tersedia, saya rasa akan melelahkan. Tapi, jika memang tertarik dan bersedia dengan cara yang ada, silahkan saja memantau invitation code yang mungkin bakal dikeluarkan lagi.

–UPDATE–

Saya tadi sempat menyoba aplikasi WordPress, ternyata tidak memungkinkan untuk menginstall plugin dan theme. Memang, theme yang disediakan sudah cukup banyak. Jadi kalau untuk WordPress, ini seperti hosting di WordPress.com saja. Keunggulan dibanding Wordpress.com adalah dimungkinkannya menggunakan nama domain sendiri tanpa perlu membayar lagi, misalnya menggunakan nama domain gratis .co.cc. Bagi yang akan mencoba mendaftar dan menggunakan untuk blog WordPress, silahkan pertimbangkan lagi. Kemungkinan untuk aplikasi yang lain juga serupa.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "DreamHost Apps - Free Hosting dari Dreamhost"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine