Haier D1200P, Gratis Internet

On Senin, Maret 09, 2009

Haier D1200P sebenarnya sudah lama meramaikan pasar ponsel CDMA di Tanah Air. Namun baru setelah resmi dibundel dengan perdana Smart melalui paket “Hape 3G Modem Termurah” ponsel bermodus batang ini berani menawarkan 'warna' berbeda.

Harganya lebih murah (Rp. 289.000), plus bonus akses Internet gratis selama enam bulan dengan kapasitas 12GB. Artinya pembeli D1200P dapat menelusuri dunia maya secara cuma-cuma sampai kuota 2GB setiap bulan. Tapi sebelum menguji kualitas Internet ini baiknya kita tilik dulu bagaimana kemampuan ponsel Haier D1200P.

Sepintas bodi Haier D1200P warna putih yang Sinyal terima terlihat kokoh dengan paduan warna casing cukup sedap dipandang. Dominasi warna putih pada bagian muka dipadukan dengan motif silver menghasilkan sebuah kolaborasi warna yang cukup dinamis namun tetap elegan. Dengan desain tersebut bolehlah unsur gaya sedikit diunjuk ponsel batang ini.

Meski bermotif batang desain casing H1200P dibuat dengan gaya sedikit beda, alias tidak standar lurus. Setengah bodi atas ponsel ditarik keluar sehingga terjadi sedikit turunan setelah layar, sementara lekukan pada sepertiga bodi belakangnya dibuat lebih ekstrem. Modus ini bukan tanpa maksud, lekukan akan berfungsi sebagai tumpuan telunjuk supaya pegangan tetap mantap meski casing belakang dibalut ‘kulit’ silver halus.

Untuk input, pemilihan bahan karet yang empuk pada tombol-tombol angka Sinyal rasa cukup efektif untuk mendapatkan kenyamanan mengetik. Apalagi keypad angka ini dibuat dengan pola standar serta parit-parit pemisah cukup berjauhan sehingga pengguna awam pun akan lebih intuitif ketika SMS-an.

Di atas angka-angka berdiri tombol-tombol menu dan navigasi D-Pad yang berguna untuk mengendalikan arah, juga sebagai tombol shortcut menuju profile, phonebook, SMS, dan menu penjadwalan. Sedangkan tombol tengahnya berfungsi sebagai tombol OK dan akses cepat menuju WAP untuk tersambung ke Internet.

Kualitas suara H1200P cukup jernih dan kuat. Ini karena posisi speaker yang menempel di atas layar sehingga berdekatan dengan daun telinga. Untuk mengatur besar volume dapat digunakan tombol arah navigasi (atas-bawah) atau melalui tombol volume yang menempel pada bodi samping.

Sayangnya H1200P ini tidak menyediakan fasilitas loudspeaker. Jadi menelpon harus dipaksakan dengan genggaman sebab pada paket penjualannya pun tidak disediakan headset.

Ada beberapa fasilitas yang perlu digarisbawahi. Layarnya yang cukup lebar (1,8 inci) menjadi leluasa untuk mengekplorasi isi halaman xHTML, performa akses Internet-nya pun cukup baik dengan pengaturan yang sudah disediakan secara otomatis. Namun, kadang-kadang Sinyal menemukan ‘koneksi gagal’.

Fitur lain yang patut dilirik adalah blacklist untuk menolak 10 nomor secara otomatis, dan whitelist yang merupakan kebalikannya (ponsel hanya akan menerima panggilan dari nomor-nomor yang diinginkan). Untuk mengaktifkan fitur ini, masuklah ke menu > Fitur Haier > Incoming Call, masukkan 10 nomor pada blacklist atau whitelist, kemudian aktifkan melalui menu Pengaturan.

Tarif Smart yang hanya Rp 1/detik tentunya memanjakan para maniak telpon untuk berbagi cerita panjang lebar. Sayang untuk kirim SMS cuma disediakan ruang untuk satu SMS. Ini cukup merepotkan bila kita ingin mengirimkan isi SMS lebih dari 160 karakter. Namun, D1200P ini menyediakan fitur 'send group' untuk mengirimkan SMS ke lima nomor sekaligus.

Gebrakan Smart patut diacungi jempol; harga pun terjangkau semua kalangan. Namun yang perlu diperhatikan, ponsel cuma dapat beroperasi pada frekuensi 1900 MHz. Jadi jangan harap Anda bisa menancapkan kartu selain Smart, sebab anggota CDMA lainnya berada pada frekuensi 800 MHz.

Memuaskan tapi Belum Setara 3G
Berbicara kualitas ponsel, bolehlah, D1200P memang memiliki banyak kelebihan di kisaran harga bawah Rp 300.000. Namun, bagaimana dengan kualitas Internet yang digadang sebagai ponsel 3G termurah ini?

Ketika mendapati iklan paket ini Sinyal sedikit heran dengan pesan yang tertera. Bukan klaim termurahnya, tetapi perhatikan bandwidth maksimal yang disediakan. Di sana jelas ditulis maksimal 153 kbps, padahal paket ini mengklaim telah menggunakan jalur 3G alias teknologi EVDO yang harusnya dapat menyediakan akses lebih cepat. Namun, tak apalah dengan kecepatan segitu pun kita masih bisa mengakses Internet maupun berkirim e-mail walau mungkin sedikit tersendat. Masalahnya, apakah bandwith 153 kbps ini jujur?

Untuk menguji kemampuan Internet, D1200P Sinyal alihkan sebagai modem. Uji akses Internet-nya sendiri melalui komputer (PC) Windows XP Service Pack 3, sementara kecepatan akses Internet dipantau dengan mengunjungi situs penguji bandwidth Speedtest yang beralamat di www.speedtest.net. Pengujian dilakukan di dalam ruangan (indoor) di daerah Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, pada dua hari berbeda.

Hasil uji di hari pertama melalui server lokal (Jakarta) mengungkap bandwidth sangat baik dengan angka 172/107 kbps (downlink/uplink) artinya sudah melewati batas iklan yang cuma 153 kbps. Sayang untuk mengakses ke situs luar negeri kecepatannya jauh merosot, yaitu 63/83 kbps.

Referensi : Kompas.com

Baca artikel yang berkaitan dengan :



4 Response to "Haier D1200P, Gratis Internet"

  1. Anonim Said,

    aku lagi punya masalah nih, bantu yaa ...
    aku sudah bisa masuk ke gmail lewat http://wap.google.com/ dan http://m.google.com/app. Tetapi setelah 1x sign out kok tidak bisa masuk lagi ?. Kalau masuk ke url tersebut username sudah muncul alamata email lengkap: xxx.yyy@gmail.com lalau saya masukkan password tetapi gaga meski pssword benar. Mohon informasinya.

     

  2. sigietzz Said,

    gw dah pake itu...

     

  3. Bons Said,

    udah pake. . .

    ini juga lagi pake. . .

     

  4. Anonim Said,

    ahahaha
    gue puas banget pake smart haier d1200p, why ? cuma isi pulsa 50.000 internet gratis 15 hari plus klo paketan biasanya sk ngambil paket harian cuma rp 3500 perak internet super murah sepuasnyaaaaaa

    kecepatan download sekitar 20 kb
    gua setting firefox dan computer system pake internet cycone ke maksimum.
    alhasil ngebuka situs apapun juga maksimal loading page nya cuma 5 detik
    ahahaha
    smart hebat hemaaaaaaaaaaaaat

    semoga temen temen ngerasain apa yg gua rasain untuk didaerah yang sinyal nya cukup ahehehe
    thats all

     

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine