Pemutar Multimedia Berbasis Java

On Rabu, Maret 11, 2009

Fitur canggih pada ponsel saat ini tidak hanya didominasi oleh ponsel-ponsel kelas atas. Fasilitas multimedia, seperti kamera, radio, sampai pemutar musik, sudah dibenamkan ke dalam ponsel kelas menengah bawah.

Meski demikian tidak semuanya memiliki fasilitas lengkap. Ada saja kekurangan di sana sini, meski ponsel yang dibeli seharga sebuah laptop baru. Tidak menutup kemungkinan, kelemahan yang terdapat di ponsel kelas atas tersebut justru tersedia di ponsel low-end. Intinya, harga ponsel belum tentu memastikan kelengkapan fasilitas. Yang menentukan ialah aplikasi yang ter-install di ponsel tersebut.

Maji Player adalah salah satu aplikasi multimedia yang berusaha menjembatani masalah tersebut. Dengan dukungan terhadap musik dan video dalam satu aplikasi, Maji Player (maji player.jar, 372KB; http://majimob.com/majimo/download.html) menjanjikan pengalaman multimedia yang menyenangkan dengan beragam perangkat. Praktis tidak ada syarat istimewa untuk menjalankan aplikasi ini kecuali dukungan Java 2 pada ponsel dan tentunya resolusi layar yang memadai untuk menampilkan gambar berwarna.

Hampir Semua Format
Dari segi fitur, Maji player mendukung semua format file multimedia yang umum digunakan ponsel masa kini. Jadi tak perlu khawatir dengan format-format seperti 3GP atau MP3, semuanya pasti didukung.

Jika kebetulan file multimedia Anda di ponsel jumlahnya cukup banyak, tak perlu khawatir akan repot mengimpor file dari media player standar ponsel Anda ke Maji player. Aplikasi ini secara otomatis dapat “menangkap” semua konten multimedia yang tersimpan di ponsel dan selanjutnya bisa langsung Anda kelola dari antarmuka program.

Mirip Windows Media Player di Windows, Maji Player juga bisa menangani tag ID3 dan ID3v2 yang bisa diisi dengan keterangan tentang lagu milik Anda, lengkap dengan cover albumnya. Masih sama dengan Windows Media Player, Maji player juga bisa bisa membuat playlist secara otomatis berbasis album atau artis penyanyinya.

Meski tak terlalu banyak teks dalam antar muka program, namun Maji player memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Icon-icon yang digunakan secara langsung dapat dikenali fungsinya oleh pengguna tanpa membaca panduan.

Tampilan antarmukanya juga bisa digonta-ganti sesuai dengan selera dan suasana hati. Cukup kunjungi http://majimob.com/MajiServer/themes.jsp, pilih majimob, lalu pilih tema yang Anda suka dan salin ke ponsel untuk meng-install-nya. Anda juga bisa langsung mengunduhnya dari menu More pada halaman setting aplikasi.

Kabar baik bagi pengguna PDA, aplikasi ini juga mendukung layar sentuh. Artinya, Anda juga dapat memaksimalkan aplikasi ini pada ponsel atau PDA touch screen tanpa harus penekan key pad ponsel secara manual.

Yang paling menarik, mulai Maji Player versi 1.1 dukungan terhadap lirik disertakan ke dalam aplikasi. Saat Anda meminta lirik, Maji Player akan menghubungkan diri ke lyrdb.com untuk mencari lirik lagu yang Anda inginkan. Jika lirik tidak ditemukan, aplikasi akan mencoba mengimpor kata-kata yang terdapat di lagu dan membuatkan liriknya untuk Anda. Memang hasil pembuatan lirik “jadi-jadian” tersebut tidak bisa 100% diandalkan. Namun setidaknya, Anda akan terbantu dibandingkan membuat lirik secara manual. Cara alternatif jika kedua cara di atas kurang memuaskan Anda, Anda dapat mengunduh lirik dari Internet secara manual.

Satu berita buruk untuk Anda: aplikasi ini tidak gratis. Anda harus membayar sebesar US$ 4 jika ingin menggunakan MajiPlayer secara penuh tanpa gangguan. Namun jangan khawatir, fitur-fitur dasar Maji Player tetap dapat digunakan seterusnya secara gratis, meski Anda harus melihat iklan di dalamnya.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Pemutar Multimedia Berbasis Java"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine