Kingston DataTraveler HyperX 16GB, Memikat

On Selasa, Maret 10, 2009

Namanya juga HyperX, maka tak heran bila USB flash disk besutan Kingston yang satu ini harusnya juga berkelakuan hiper. Maksudnya hiper cepat saat bekerja. Ya, dalam pengujian manual kami, Kingston DataTraveler HyperX ini terlihat gesit. Seratus enam puluh satu file TIF dengan total kapasitas 1,79GB tuntas disalinnya dalam tempo 2 menit 18 detik. Bila diterjemahkan, berarti HyperX ini berkecepatan tulis 13,31MB/s. Cepat bukan?


Kegegasan HyperX memang ditunjang oleh koneksi USB 2.0 Hi-Speed. Tidak heran jika flash disk ini juga disebut-sebut sebagai mendukung fasilitas ReadyBoost milik Windows Vista. Namun jika dirunut ke belakang, kecepatan HyperX ini juga mengungguli – kendati tipis - Kingston DataTraveler 150 32GB yang dalam uji manual kami mencatatkan kecepatan baca 12,11MB/s.

Benchmark dengan Simplisoftware HD Tach 3.0.1.0 pun menegaskan kegegasan HyperX dengan angka kecepatan baca 29,5MB/s, kecepatan tulis 20,6MB/s, akses random 1,5ms dan utilisasi CPU 22%. Angka-angka ini kurang lebih sesuai dengan klaim Kingston tentang HyperX-nya. Di situs Web-nya, Kingston mengklaim DataTraveler HyperX sebagai berkecepatan baca 30MB/s dan berkecepatan tulis 20MB/s.

Dari sisi fisik, HyperX ini cukup memikat. Setengah atas badannya berwarna biru gelap, dan setengahnya lagi diwarnai hitam pekat. Sementara sisi sampingnya didominasi dengan warna biru gelap dengan kedua ujung hitam pekat. Bagian ujung memamerkan lubang untuk kait tali penggantung yang sayangnya tidak disertakan.

O ya, tidak ada tutup kepala USB di sini. HyperX ini, seperti beberapa model DataTraveler lain, menggunakan model slider. Dorong slider untuk memunculkan/memasukkan kepala USB. Terkemas dalam flash disk ini adalah URL untuk game World of WarCraft untuk wilayah Eropa dan dunia. Keduanya merupakan free trial.
***

Kingston DataTraveler HyperX yang berkapasitas bebas 14,9GB ini pas jika Anda suka kinerja cepat. Andai 16GB masih terasa kurang, Kingston menyediakan kapasitas yang lebih besar, yakni 32GB. Sebaliknya, jika itu terlalu besar, tersedia yang berkapasitas 8GB yang dibandrol seharga US$ 55. Saat flash disk bekerja, sebuah LED biru akan berkedip-kedip di tengah badannya.



PLUS: Gegas; ada trial gratis game World of WarCraft; dukung ReadyBoost; ada LED.

MINUS: Relatif mahal


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4,6
Fasilitas : 4
Harga : 3,7
SKOR TOTAL : 4,15

Hasil Uji Kecepatan Transfer*
Copy dari harddisk (write): 1331MB/s
Copy ke harddisk (read): 12,20MB/s
Hapus file (delete): 208,28MB/s
*) File yang diproses adalah 161 file TIF dalam tiga folder dengan ukuran total 1,79GB. Pengujian dilakukan tiga kali pada koneksi USB 2.0 pada notebook NEC Versa E680 (Pentium M 1,5GHz, RAM 256MB, Win XP Pro), dan hasilnya dirata-ratakan.

SPESIFIKASI Kingston DataTraveler HyperX (DTHX/16GB)
Tipe koneksi: USB 2.0 Hi-Speed
Tipe memori simpan: Flash
Kapasitas: 16GB
Ketahanan: Tidak disebutkan
Dimensi (plt): 7x2,24x1,13 cm
Bobot: 16 gram
Kompatibilitas: Windows (2000 SP4/XP SP1, SP2/Vista), Mac OS X, 10.3 ke atas), Linux kernel 2.6 ke atas
Kelengkapan: -
Garansi: 5 tahun
Sumber: www.kingston.com/asia

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Kingston DataTraveler HyperX 16GB, Memikat"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine