Toshiba TDM-8360, Kamera Senyum

On Senin, Maret 09, 2009

Sebenarnya agak janggal juga produsen yang lebih dikenal dengan produk notebook menghadirkan sebuah kamera digital, tetapi Toshiba memang berkeinginan melengkapi konsumen notebook mereka dengan peranti pendukung mobilitas. Dengan alasan inilah mereka menciptakan produk-produk pelengkap yang disebutnya sebagai “must-have gadgeds” seperti juga kamera Toshiba seri TDM-8360 beresolusi 8 megapixel ini. Inilah kamera kompak debutan Toshiba yang dimunculkan sebagai pelengkap gadget pengguna notebook.


Tidak ada hal istimewa yang mudah terlihat dari fisik kamera ini jika dibandingkan produk sejenis dari merek ternama. Satu-satunya yang membuat unik mungkin hanya bentuk tombol navigasi yang lebih mirip keypad pada ponsel. Sebenarnya layar LCD 3” pada kamera juga cukup menarik karena terasa lega dilihat. Namun pencahayaan displainya tergolong terlalu kuat dan menyilaukan. Hal serupa terjadi pula pada hasil foto dengan blitz yang menghasilkan gambar dengan cahaya yang terlalu berlebih (over).

Untuk menjadikan kamera ini terlihat canggih, Toshiba menerapkan teknologi khas fotografi digital seperti face detection (sampai 5 wajah sekaligus) untuk mendapatkan tekstur wajah yang alami, anti-shake untuk mencegah gambar buram akibat gerakan tangan, dan koreksi foto akibat efek mata merah.

Namun di antara sederet fitur yang sudah jamak tersebut terdapat fasilitas unik yang disebut smile snap yang memungkinkan kamera memotret secara otomatis saat sensornya menangkap ekspresi senyum dari wajah seseorang. Lucu bukan? Untuk mengaktifkan sistem ini Anda harus mengatur setting Scene Mode menjadi smile shot.

Scene Mode pada kamera ini juga tergolong banyak (21), dan lucunya ada beberapa pilihan yang tidak biasa, seperti pembedaan mode Portrait untuk pria dan wanita serta mode percikan air (splash) dan aliran air (flow). Menarik juga mencoba beragam mode bidik yang tersedia tersebut.

Seperti juga kamera kompak lain, TDM-8360 menawarkan kemudahan bidik dengan hanya sedikit setting manual. Pengalaman kami membuktikan, hasil foto lebih bagus bila memanfaatkan mode scene yang ada karena untuk bidikan otomatis seringkali sensor kurang mampu menangkap cahaya dengan tepat. Menggunakan blitz mungkin menolong.

Namun untuk bidikan jarak dekat blitz ini justru menghasilkan foto dengan cahaya yang terlalu kuat (over). Selain untuk gambar diam, kamera juga dapat membuat video sampai 30fps, tetapi sekali lagi dengan reproduksi cahaya yang kurang akurat.

***
Toshiba agaknya memunculkan TDM-8360 sebagai gadget pelengkap pengguna notebook-nya karena untuk bersaing dengan pemain populer jelas menjadi tantangan yang berat. Fitur dan kemampuan kamera ini sebenarnya menarik, tetapi kualitas akhirnya masih minim. Kalau Anda sekadar membutuhkan kamera untuk dokumentasi sederhana, TDM-8360 tak akan mengecewakan. Namun hal sebaliknya terjadi bila Anda menuntut kualitas yang kompetitif.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Ramping; mudah dipakai; fitur fotografi menarik; LCD lebar; harga.

MINUS: Grip tak mantap; video tak bisa zoom; cahaya blitz dan LCD terlalu over; kualitas foto.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 3,5
Fasilitas : 3,75
Penggunaan : 4,5
Harga : 4,5
SKOR TOTAL : 3,98


SPESIFIKASI Toshiba TDM-8360
Resolusi Pixel: 8 megapixel
Resolusi Foto (min/max): 640x480 / 3264x2448 pixel
Resolusi Video (min/max): 320x240 / 640x480 @ 30fps
Media Perekam: Internal 32MB, SD/MMC/SDHC
Format File
(gambar/video/audio): JPEG/AVI
Ukuran lensa ekivalen-35mm: 34-102 mm
Seting aperture: f/2.9-5.2
Ekivalen ISO: 64, 100, 200, 400, 800, 1600
Zoom: 3x optical, 4x digital
Kecepatan shutter (detik): 1 - 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro): -
Viewfinder: Tidak ada
Diagonal LCD: 3” TFT
Koneksi komputer USB: USB 2.0, AV-out
Tipe batere/isi ulang: Lithium Ion 900mAh/ Ya
Batere charger: Ada
Dimensi (plt): 9,3x6x2,3 cm
Bobot (gram): 135 gram (dengan batere dan kartu memori)
Garansi: 1 tahun
Situs Web: http://pc.toshiba-asia.com

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Toshiba TDM-8360, Kamera Senyum"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine