Olympus mju1060, Zoom 7x

On Senin, Maret 09, 2009

Produsen kamera selalu berlomba memunculkan beragam kamera digital untuk memperluas portofolio produknya. Namun seringkali fitur seri awal dan kelanjutannya sama. Kalau pun berbeda seringkali hanya pada hal yang kurang berarti, seperti penambahan resolusi.


Begitu pun mju 1060 dari Olympus. Pada dasarnya teknologi dan fitur model ini sama dengan seri sebelumnya. Untunglah mju 1060 hadir tak hanya dalam resolusi 10 megapixel, tetapi juga kemampuan zoom optis yang tinggi dibanding sekelasnya.


Mju 1060 masih menyertakan fungsi-fungsi standar kamera digital, termasuk fitur scene untuk membantu membidik obyek sesuai kondisi tertentu. Ada 21 skema yang beberapa di antaranya tidak dimiliki kompetitor. Ini misalnya skema “Behind the Glass” untuk memotret benda dibelakang kaca atau etalase, “Documents” untuk memotret tulisan atau surat-surat penting, “Auction” untuk memotret barang-barang yang dilelang, dan “Smile Shot” yang memungkinkan kamera memotret secara otomatis ketika orang yang menjadi obyek foto tersenyum.

Untuk lebih mengoptimalkan foto, Anda dapat mengikuti petunjuk yang disediakan mju1060 dengan memilih Shooting Guide pada tombol putar tanpa harus membuka buku manual lagi. Akan ditampilkan petunjuk-petunjuk pada layar, sebagai contoh Red Eye Fix atau Shadow Adjust. Panduan ini jelas membantu pengguna dengan cepat.

Bagi yang hobi jalan-jalan, Anda akan menyukai zoom optis kamera yang mencapai 7x pembesaran sehingga tak perlu terlalu dekat dengan obyek fotonya. Kamera juga sudah mendukung resolusi Full-HD (1920x1080 pixel) yang membuat hasil foto lebih pas dilihat pada LCD TV masa kini.

Salah satu fitur unggulan pada mju 1060 adalah teknologi dual Image Stabilization (IS) untuk mencegah gambar blur atau tak fokus manakala tangan pemotret bergoyang. Anehnya, dual IS mju 1060 tidak memakai sistem optikal, sebagai gantinya digunakan sensor-shift yang saling bekerjasama dengan fitur ISO untuk menstabilkan gambar. Hasil pengolahan image dari dual IS ini memang cukup membantu pengguna mendapatkan gambar yang lebih fokus.
***
Pengguna pemula pasti suka dengan kamera point-and-shot ini, baik pada fitur yang ditawarkan maupun desainnya yang memang trendy serta mudah dipakai. Olympus mju1060 memang memanjakan pengguna dengan kemampuan tinggi untuk kelas kamera kompak, seperti zoom optis 7x dan resolusi 10MP. Hasil foto dapat disunting secara langsung, seperti di-cropping, diubah ukuran, dirotasi, atau diganti warna tone-nya. Singkatnya, Olympus mju 1060 merupakan salah satu kamera kompak dengan kemampuan yang cukup memukau.

Sumber: InfoKomputer



PLUS: Resolusi 10MP; desain kompak dan gaya; mudah dipakai; kualitas gambar baik; zoom optis 7x.

MINUS: Kecepatan shot-to-shot biasa saja; menu grafis lamban; harga mahal.


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 4
Penggunaan : 4,25
Harga : 3,25
SKOR TOTAL : 3,9

SPESIFIKASI Olympus Mju1060
Resolusi pixel : 10 megapixel CCD
Resolusi foto (min/max): 640x480 / 3648x2736 pixel
Resolusi video (min/max): 320x240 / 640x480
Media perekam: Internal 41MB dan memori xD
Format file (gambar/video): JPEG/AVI
Ukuran lensa ekivalen-5mm: 37-260 mm
Seting aperture: F3.5-5.3
Ekivalen ISO : 64-6400
Zoom: 7x optikal dan 5x digital
Kecepatan shutter (detik): 1/4-1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro): 2cm
Viewfinder: Tidak ada
Diagonal LCD : 3 inci
Koneksi komputer: USB
Tipe batere/isi ulang: Batere Li-Ion/ Ya
Batere charger: Ada
Dimensi (plt): 9,4x5,7x2,5 cm
Bobot : 128 gram (dengan batere)
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.olympus.com

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Olympus mju1060, Zoom 7x"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine