Bikin Pusaran dari Bulatan

On Jumat, April 17, 2009

Beragam bentuk dapat diolah dengan aplikasi vektor Adobe Illustrator CS4 — termasuk bentuk-bentuk dasar, seperti bulatan, kotak, dan sejenisnya — menjadi bentuk-bentuk spesial. Dari sini kemudian Anda bisa mengembangkannya menjadi sebuah logo atau karya ilustrasi yang menarik.

Pada panduan kali ini, PCplus akan mengajak Anda untuk memanfaatkan fasilitas Transform dan Effect untuk menciptakan sebuah logo. Modal dasarnya hanya dari sebuah bulatan saja. Namun, akhirnya bulatan ini bisa Anda bentuk menyerupai pusaran. Cara membuatnya mudah saja, tak perlu banyak mengolah bentuk dengan pointer mouse.

1. Buatlah sebuah lingkaran berwarna hitam dengan bantuan [Ellipse Tool]. Seleksi lingkaran dengan [Selection Tool], lalu beri efek dengan mengklik [Effect] > [Distort & Transform] > [Transform...].

2. Pada boks yang muncul, coba masukkan nilai-nilai seperti yang tampil pada screenshot, yaitu 85% pada menu "Scale", pada kedua menu slider, "Horizontal" dan "Vertical". Isikan nilai 75 pt pada menu slider "Horizontal" di menu "Move". Isikan angka 8-10 pada "Copies". Klik [OK]. Lingkaran pertama akan "beranak" dengan bentuk yang gradual.

3. Selanjutnya, beri warna gradasi lewat menu dalam panel "GRADIENT". Klik-tarik warna pilihan dari menu "SWATCHES" ke slider warna gradasi di panel "GRADIENT" untuk menentukan warna gradient. Gradasi akan langsung diterapkan ke semua lingkaran. Gradasi warna yang diterapkan memang untuk satu lingkaran.

4. Jika Anda hendak menerapkan gradasi warna kepada seluruh lingkaran sekaligus—sehingga warna gradasi tampak bertahap dari lingkaran besar ke kecil—lakukan langkah berikut: arahkan pointer ke panel "APPEARANCE", lalu klik [Transform] (yang ada di urutan ketiga), dan pindahkan ke susunan teratas pada daftar dengan menggesernya ke bagian atas.

5. Untuk membentuk pusaran, bentuklah lingkaran menjadi serupa matahari terlebih dahulu. Klik [Effect] > [Distort & Transform] > [Transform...]. Masukkan angka 30° pada menu “Angle” di bagian “Rotate”. Isikan pula nilai 11 pada “copies”. Klik kotak kecil yang ada di baris kedua dan kolom pertama (dari kiri) pada menu di bawah “Reflect Y”. Klik [OK].

6. Tambahkan efek fish eye pada gambar dengan mengklik [Effect] > [Warp] > [Fisheye]. Masukkan nilai 75 pada menu "Bend". Klik [OK]. Selanjutnya, pada panel "APPEARANCE", pindahkan layer efek Fisheye ini ke urutan bawah, sebelum "Opacity: Default".

7. Mari membentuk pusaran dengan mengklik [Effect] > [Warp] > [Twist]. Masukkan nilai 80 pada menu "Bend". Pun pilih opsi [Horizontal]. Klik [OK]. Geser layer ”Twist” ke bawah layer “Fisheye” pada panel "APPEARANCE". Sekarang, tambahkan lagi efek “Twist” dengan nilai yang sama, namun jangan ubah posisi layernya. Bentuknya kini akan makin unik.

8. Agar makin unik, coba ubah sudut pandang obyek gambar. Caranya, klik-kanan pada gambar, lalu pilih [Transform] > [Shear…]. Pada boks dialog Shear, atur sudut pandang lewat menu “Shear Angle”. Jika Anda ingin obyek tampil hampir rata dengan dasar, gunakan sudut antara 45-60 derajat. Atur juga “Angle” pada menu “Axis” jika mengubah orientasi sudut obyek. JIka sudah, klik [OK].

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Bikin Pusaran dari Bulatan"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine