CD Berkapasitas 500 GB.. Benarkah?

On Selasa, April 28, 2009

General Electric mengembangkan compact disc (CD) dengan teknologi baru sehingga dapat menyimpan data hingga 500 GB. Untuk saat ini, produk tersebut akan ditujukan untuk kebutuhan penyimpanan arsip data digital, namun bukan mustahil akan dilempar ke pasar konsumen.

Ukuran disk ini sama dengan cakram DVD atau CD standar. Kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada DVD dan Blu-ray karena menerapkan teknologi mikro holografik. Dengan teknologi ini, informasi digital disimpan secara tiga dimensi bukan cekungan-cekungan pada permukaan cakram seperti pada teknologi CD, VCD, atau DVD.

"Hardware dan formatnya sangat mirip dengan teknologi penyimpanan optik yang ada saat ini sehingga pemutar disk mikro holografik dapat dipakai untuk memainkan CD, DVD, dan Blu-ray," demikian pernyataan resmi GE.

GE saat ini sedang membangun kerja sama dengan produsen hardware untuk memproduksi CD mikro holografik tersebut. target pertama pengguna cakram optik tersebut antara lain stasiun televisi, studio film, klinik kesehatan, dan rumah sakit yang membutuhkan penyimpanan arsip besar.

Namun, cakram berkapasitas sebesar ini kela juga dibutuhkan pengguna perorangan. Apalagi makin berkembangnya video HD (high definition) bahkan film 3D yang menghabiskan data sangat besar.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "CD Berkapasitas 500 GB.. Benarkah?"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine