Hati -Hati! Komputer Zombie

On Jumat, April 17, 2009

Sejak pemutusan McColo (perusahaan web hosting yang berbasis di San Jose) pada pertengahan bulan November 2008, volume spam perlahan telah kembali ke tingkatan “normal”. Botnets lama kembali online, dan Botnets baru sedang dibuat. Volume Spam sekarang mencapai 91%, angka tersebut meningkat bila dibandingkan sebelum pemutusan McColo.

Zombie menjadi sebuah istilah yang diberikan untuk komputer yang telah disusupi dan digunakan untuk berbagai tindakakan kriminal. Misalnya saja mengirim spam, menyimpan website yang mengiklankan Spam dan bertindak sebagai DNS server untuk Zombie host.

Dalam hal tersebut, Brazil menempati posisi teratas dari 10 negara yang menjadi tempat penyimpanan mesin zombie aktif di Bulan Maret 2009. Dalam hal ini Brazil mencapai angka 14 %. Menempati di posisi kedua dan ketiga adalah Rusia (7%) dan dan India (6%). Kemudian menyusul berturut-turut adalah USA, Turki, Polandia, Jerman, Argentina, Spanyol dan Italia.

Seperti pada bulan September 2008, wilayah Europe, the Middle East and Africa (EMEA) terus menjadi sumber utama seluruh alamat IP zombie, dengan menyimpan 45% komputer zombie aktif di bulan Maret 2009. Diantara negara yang termasuk wilayah EMEA, Rusia sekarang menyandang gelar “negara EMEA terkemuka”. Hal itu disebabkan karena Rusia telah mengungguli Turki sebesar 1%, sedangkan jumlah zombie aktif di Turki turun lebih dari separuhnya. Sementara EMEA terus menjadi wilayah terkemuka yang menyimpan komputer zombie, Brazil dengan prosentasi 14% naik sebesar 5% poin dan memperoleh gelar kehormatan sebagai negara nomor satu yang menyimpan mesin aktif zombie. Seiring dengan terus berlanjutnya investasi besar untuk Internet dan infrastruktur TI di negara-negara seperti Brazil, India dan Cina (kelas negara-negara berkembang), lokasi zombie aktif akan terus berubah.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Hati -Hati! Komputer Zombie"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine