SSD (solid state disk) makin menjadi alternatif terhadap harddisk. Memang keunggulan SSD banyak, misalnya tidak mengharuskan adanya putaran piringan yang lama-kelamaan akan aus. Sayang harga SSD, kendati sudah turun, masih mahal.

Karena menggunakan memori flash, SSD dapat mempertahankan data yang dikandungnya saat daya dimatikan. Namun kinerja yang lebih baik diperoleh dari drive yang menggunakan memori DRAM volatile. Oleh DDRdrive, keduanya dikombinasikan agar keunggulan kedua tipe memori bisa dimanfaatkan.

Maka DDRdrive pun merilis DDRdrive X1 yang menggabungkan DRAM dan NAND. Setiap DDRdrive X1 menawarkan kapasitas simpan 4GB dengan DRAM 4GB dan NAND 4GB. Kedua teknologi solid-state ini berpadu untuk mengantarkan kecepatan, kehandalan, dan keawetan dari DRAM dengan sifat non-volatile dari NAND.

Agak lain dengan pesaingnya, DDRdrive X1 didasarkan pada PCI Express, bukan STAT atau antarmuka UltraATA/100. Menurut pihak DDRdrive, penggunaan PCI Express inilah yang menyebabkan DDRdrive X1 mencapai bandwidth yang lebih tinggi dibanding produk kompetitor.

Bagaimana kinerjanya? Agar bisa mencapai kinerja IOPS yang cemerlang, semua operasi IO diarahkan ke DRAM. Sedangkan NAND mampu melakukan seluruh operasi backup atau restore drive dalam hitunga 60 detik.

Perangkat ini tidak menggunakan batere yang ditanam. Daya diambilkan dari power adapter di belakang board yang harus dikoneksikan langsung ke power supply atau batere eksternal berkapasitas tinggi.

Dengan dukungan RAID built-in milik Windows, DDRdrive X1 dapat di- span (untuk kapasitas), di-stripe (untuk kinerja), di-mirror (untuk redundancy), dan dikonfigurasi RAID-5.

DDRdrive X1 mendukung Windows 2000 Client/Server, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 Beta, dan Windows Server 2003/2008/2008 R2 Beta. Dukungan Linux sedang dikerjakan.

Bagaimana harganya? Ternyata lumayan tinggi. DDRdrive X1 4GB/4GB dengan AC adapter dan casing untuk membawa-bawanya dibandrol USS 1495. Garansinya lima tahun dan bersifat terbatas (limited).

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "DDRdrive: Kombinasi DRAM dan RAM untuk Media Penyimpanan"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine