UNTUK menikmati layanan Push Email Blackberry, pengguna tak harus memiliki ponsel BlackBerry.

Pasalnya, kini aplikasi Push Email BlackBerry dapat diaplikasikan di ponsel non-Blackberry, dengan menggunakan BlackBerry Connect for Nokia.

Ponsel-ponsel yang mendukung layanan ini: Communicator 9300, 9500, dan E90, serta Nokia E-Series lainnya (E50, E51, E61, E61i, E62, E65, dan E70).

Aplikasi dan panduannya dapat di download di:

http://www.businesssoftware.nokia.com/blackberry_downloads.php

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Sebelum mendownload software BlackBerry Connect, pastikan cek versi firmware dari ponsel Nokia tersebut, (ketik: *#0000# ) misal untuk Nokia E61 versinya adalah: 3.0633.09.04, maka yang harus didownload adalah Blackberry Connect 4.0 versi 7.45.0

2. Download software tersebut ke dalam PC, lalu aktifkan aplikasi Nokia PC Suite untuk menginstall software tadi ke dalam Nokia E61.

3. Setelah terinstall di Nokia E61, maka akan membuat folder BlackBerry pada menu. Buka Folder tersebut, dan Pilih menu Settings, lalu aktifkan service BlackBerry-nya dengan mengubah menu, dan Blackberry Service: ON

4. Setelah BlackBerry Service dalam posisi ON dan ter-connect, maka Anda dapat melihat PIN ponsel Nokia tersebut dari menu Device Info.

PIN dan IMEI tersebut dicatat, karena akan berguna untuk didaftarkan di BlackBerry Webclient [BWC] http://xl.blackberry.com/.

Sebelum dilakukan pendaftaran di BWC lakukan dahulu Registratsi Network melalui menu Service Info > Host Routing lalu pilih menuRegister Now.

Lalu lakukan pendaftaran di BWC [panduan lengkap bisa dilihat di Create New Account BB pada blog ini).

Setelah terdaftar di BWC bisa melakukan pendaftaran beberapa email account yang akan dimasukkan ke dalam BlackBerry Connect for Nokia.

Jangan lupa setelah melakukan penambahan email account di BWC, lakukan Send Service Books.

5. Jika Service Books sukses diterima di Nokia E61, maka akan meng-create masing-masing folder email ke dalam menu Messaging.
Menu > Blackberry > Settings > Service Info > Service Books [telah terprovisioning]

Jika semua langkah berhasil, maka layanan push email BlackBerry di Nokia E61 bisa digunakan. Pastikan logo sinyal muncul pada layar Nokia, artinya terkoneksi dengan server RIM BlackBerry.

Namun, jika hanya muncul setengah logo ataupun terdapat tanda garis miring di logo tersebut, artinya tidak/belum terkoneksi dengan server RIM BlackBerry, sehingga layanan push mail tak bisa digunakan untuk kondisi tersebut.

Catatan:
- Untuk tipe ponsel Nokia seri yang lain, prinsipnya hampir sama.
- Jika account BlackBerry adalah type Enterprise, maka perlu dilakukan
- Enterprise Activation. pilih menu > Blacberry > Activation untuk melakukan registrasi aktivasi enterprise.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



1 Response to "Settting Aplikasi Push Email di Ponsel non-BlackBerry"

  1. hi,....kalau untuk umnia gisa nggak??

     

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine