Adalah Thomas dan Janet yang diklaim sebagai pasangan robot pertama di dunia yang melakukan hal tersebut. Kedua robot dibuat para insinyur di Universitas Sains dan teknologi Taiwan. Ciuman bersejarah itu dipamerkan untuk pertama kalinya Desember tahun lalu namun baru pertama kali dipublikasikan baru-baru ini melalui jurnal IEEE Spectrum. Untuk melakukan adegan ciuman butuh kombinasi teknik yang canggih.

Untuk membuat gerakan robot dan ekspresinya terlihat realistik, tim mengadopsi beberapa teknik, seperti pembuatan cetakan secara manual, pemindaian muka secara tiga dimensi, dan pengenalan bentuk muka. Thomas dan janet juga bisa menampilkan enam ekspresi yang dikendalikan sensor-sensor otot di muka dan mulutnya.

Ciuman yang dilakukan robot pada dasarnya tak berbeda caranya dengan ciuman yang dilakukan manusia. Para peneliti menanamkan 31 otot buatan di sekitar muka robot-robot tersebut yang masing-maaing dilatih untuk melakukan koordinasi dengan sistem kecerdasan buatan.

Chyi-Yeu Lin, seorang profesor teknik mesin yang memimpin proyek tersebut menyatakan sebuah ciuman membutuhkan kombinasi antara koordinasi tangan dan mata yang pas serta mekanisme keseimbangan diri. kalau ciuman saja sudah dilakukan robot, bia jadi pernikahan robot benar ada kelak.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



1 Response to "Cit-cuit!! Sepasang Robot Bisa Berciuman Bibir"

  1. wah dunia semakin maju
    kapan y indonesia juga bisa

     

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine