Player multimedia di ponsel Java biasanya tidak terintegrasi menjadi satu, tetapi terpencar-pencar. Ada yang Video Player-nya diletakkan di bawah submenu Entertainment, ada yang menu MP3 player-nya diletakkan di tempat lain, dan tak jarang untuk mendengarkan radio pun kita harus melangkah lewat jalur yang lain.

Kejadian seperti di atas banyak terjadi, khususnya pada ponsel-ponsel dengan embedded OS. Ini berbeda dengan ponsel yang ditenagai oleh Windows, Linux, Palm, dan sejenisnya, yang umumnya memiliki media player terintegrasi.


Glass Player berusaha menjembatani permasalahan ini dengan menyediakan aplikasi multimedia alternatif yang dapat dijalankan pada ponsel berbasis Java. Untuk mendukung fungsinya yang hebat, Glass Player dipercantik dengan fitur Skin.

Fitur-fitur umum yang tersedia yaitu Custom playlist, Fast Track playlist, Advanced playback settings, Network streaming, skin dan dukungan ID3. Custom playlist memungkinkan Glass Player untuk membuat play list dalam jumlah tak terbatas. Anda dapat membuat kombinasi lagu dari satu jenis atau beberapa jenis lagu dalam satu sesi. Yang membatasi jumlah play list hanyalah memori ponsel Anda.

Membuat play list di Glass Player sangatlah mudah. Anda cukup memilih Add playlist dan mengetikkan nama play list yang Anda inginkan lalu tekan OK. Playlist buatan Anda akan langsung dibuat dan ditampilkan di bagian akhir tab Playlist. Untuk menambahkan file, pilih tab File Browser dan klik pada file yang ingin Anda tambahkan ke playlist. Cara yang lebih praktis untuk menambahkan semua file sekaligus, Anda dapat memilih opsi Add all dari menu yang tersedia.

Sementara fitur Fast Track adalah fasilitas dari play list yang memungkinkan Anda untuk menambahkan satu atau beberapa lagu untuk dimainkan setelah lagu yang tengah dimainkan diputar. Dengan fitur ini Anda dapat mendengarkan lagu favorit tanpa mengutak-atik daftar play list yang telah ada. Setelah selesai diputar, lagu dari Fast Track akan menghilang dari daftar dan bila daftar di Fast Track telah habis, player akan melanjutkan lagu ke play list standar.

Melalui Glass Player, Anda juga dapat melakukan streaming di jaringan Internet. Fitur ini tak hanya memungkinkan streaming dari jaringan stasiun radio. Jika Anda memiliki media yang diletakkan di server sendiri pun, Glass Player dapat menanganinya.

ID3 yang berfungsi untuk menampilkan informasi detil mengenai lagu-lagu MP3 dapat pula ditampilkan oleh Glass Player. Namun, untuk mempercepat akses file sebaiknya fitur ini dinonaktifkan saja. Tambahan fitur di beberapa ponsel, Anda juga akan menemukan fasilitas equalizer untuk mengatur suara yang diperdengarkan Glass Player.

Yang menarik, Glass Player memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan dimodifikasi. Tampilan yang berbasis tab memudahkan Anda mengakses fitur-fitur program seperti sedang browsing dengan Firefox di komputer.

Bila bosan dengan tampilannya, Anda dapat mengedit sendiri tampilan layar dengan skin manager. Pengelola layar Glass Player ini bisa diakses via http://www.roosterdesigns.fi/glassplayer/skinmanager. Di situs tersebut, Anda dapat mengganti warna ataupun ikon secara online sekaligus melihat preview dari hasil modifikasi Anda. Kalau Anda malas brekreasi, ada beberapa “Shared skin” dari pengguna lain untuk memudahkan Anda mengubah tampilan layar.

Sayangnya, tidak semua fitur dalam Glass Player tersedia gratis. Dalam versi demo, fitur Multiple Playlists, MultiFormat Support, Sleep Timer, Free upgrades dan Unlimited Streaming Support tidak tersedia. Untuk mendapatkan fitur tersebut Anda harus menebusnya seharga 2,99 Euro.

Penasaran ingin mencoba aplikasi ini? download saja dari sini. Setelah itu salin file .jar yang Anda dapatkan dan instal ke memori ponsel Anda.


Aplikasi
Nama File: gplayerdemo.jar (Glass Player versi 1.3)
Ukuran File: 138 KB
download
Jenis: Demo
Publisher: Rooster Designs Tero Lindberg & Tommi Aronniemi
Sistem operasi: Java (J2ME)

Baca artikel yang berkaitan dengan :



0 Response to "Glass Player Music Player: Media Player Multifungsi Berbasis Java"

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine