FeedWordPress dan RSS Blog @Multiply.com

On Sabtu, Februari 28, 2009

Kita dapat menggunakan FeedWordPress, plugin untuk Wordpress yang dapat menjadikan Wordpress sebagai feed aggregator. Saya mencobanya pada instalasi baru WordPress. Cukup mudah dan cepat:

  • Upload file pada folder wp-content di paket tar.gz ke folder /wp-content WordPress.
  • Upload file pada folder OPTIONAL\wp-includes di paket tar.gz ke folder /wp-includes WordPress.
  • Aktifkan plugin di Wordpress melalui menu Plugins.
  • Ada tambahan menu di Wordpress: Option > Syndication untuk mengatur konfigurasi FeedWordPress. Tapi saya membiarkan seperti default saja.
  • Menambahkan alamat blog dan feed-nya melalui menu Link dan masukkan pada kategori Contributors.
  • Menambahkan tugas cron via Cpanel:
    0 * * * * php -q /home/www/wp/wp-content/update-feeds.php
    Dimaksudkan agar update dilakukan sejam sekali.

Mencoba beberapa hari, ternyata update berjalan dengan baik.

Permasalahan pernah terjadi sewaktu menambahkan feed RSS blog teman di Multiply.com. Kalau feed yang lain seperti Wordpress dan Blogspot, permanent link akan menuju ke tulisan aslinya, maka untuk feed dari Multiply malah menuju ke alamat di aggregatornya. Tanpa mengecek struktur RSS pada Multiply, saya langsung menyerahkan feed tersebut ke FeedBurner. Setelah ditambahkan hasilnya masih sama, permanent link tidak menuju ke sumber aslinya. Besoknya saya mencoba mengaktifkan fitur SmartFeed pada FeedBurner, lagi-lagi hasilnya masih sama. Setelah mencoba-coba dengan melakukan fitur konversi ke format RSS2 di FeedBurner (feed aslinya juga berformat RSS2), ternyata berhasil, permanent link menuju ke sumber aslinya.

Baca artikel yang berkaitan dengan :



2 Response to "FeedWordPress dan RSS Blog @Multiply.com"

  1. bayu Said,

    mas, saya juga pake feedwp. saya pengennya malah agar update post itu ga menuju sumber link aslinya. jadi masih tetap di blog saya. gimana caranya y?

     

  2. maswardi Said,

    ada totorial lengkapnya tidak gan?

     

Posting Komentar

Grab this Widget ~ Blogger Accessories

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Tulisan Terbaru

isine